Total Tayangan Halaman

Minggu, 12 Juni 2011

Kekalahan mengajarkan cara untuk MENANG!

Saat coaching clinic di Dojo ZYRO KC Menteng beberapa waktu lalu, saya diajukan pertanyaan yang amat menarik. Salah satu peserta coaching clinic bertanya mengenai hal apa yang paling berkesan selama karir karate saya selama ini.



Sesaat saya berfikir bahwa pasti si peserta mengharapkan jawaban "standar" yaitu saat saya berhasil mengalahkan juara-juara dunia saat 2006 yang lalu dan berhasil juara. Namun bagi saya hal yang paling berkesan adalah saat saya mengalami kekalahan di setiap kejuaraan.

Bagi saya, kekalahan memberi kesan yang amat mendalam bagi kehidupan dan karir saya dalam karate. Kekalahan mengingatkan saya pada kekurangan yang saya miliki, baik dari sisi persiapan, strategi dan konsentrasi. Kekalahan juga mengajarkan saya pada kerendahan hati dan berjiwa besar. Pada saat kalah saya sangat sadar bahwa kemenangan tidak akan bertahan lama. Pada saat kalah saya juga sadar bahwa saya harus tetap berjiwa besar menerima hasil yang ada.

Yang paling memberi kesan bagi saya saat kalah adalah bagaimana saya bisa memotivasi diri saya untuk bisa bangkit dari kekalahan, introspeksi diri dan fokus untuk meraih kemenangan di kesempatan mendatang. Dengan begitu saya merasa tetap harus berlatih keras agar mampu mempertahankan prestasi.

-smart play-

2 komentar:

  1. gloryGlory man united17 Juni 2011 pukul 11.39

    baru tau ane ente punya blog pak..??? sedap...mangstabz dah..begitu donk..(dibikin pinter)hahahaha...ninja getooo loh...
    asal org yang bikin ni bertanggung jawab aja yak...(kl g santap aja cuy)

    keep fight aja dah..n br M.U kalah tetep GLORY..GLORY MAN UNITED...ciao...

    BalasHapus
  2. ade syata baud hiram24 Juni 2011 pukul 11.30

    semoga penggalaman bng dony dapat memotivasi junior" yg terus semanggaatt di dunia karate ,.amin

    BalasHapus